Best Blogger Tips >

Selasa, 03 Januari 2012

BATU BATA MERAH

 Batu bata adalah bahan bangunan yang telah lama dikenal dan dipakai oleh  masyarakat baik di perdesaan maupun di perkotaan yang berfungsi untuk bahan bangunan  konstruksi. Hal ini dapat dilihatdari banyaknya pabrik batu bata yang dibangun masyarakat  untuk memproduksi batu bata. Penggunaan batu bata banyak digunakan untuk aplikasi teknik  sipil seperti dinding pada bangunan perumahan, bangunan gedung, pagar, saluran dan  pondasi.

Batu bata umumnya dalam konstruksi bangunan memiliki fungsi sebagai bahan non-struktural, di samping berfungsi sebagai struktural. Sebagai fungsi struktural, batu bata dipakai sebagai penyangga atau pemikul beban yang ada diatasnya seperti pada konstruksi rumah sederhana dan pondasi. Sedangkan pada bangunan konstruksi tingkat tinggi/gedung, batu bata berfungsi sebagai non-stuktural yang dimanfaatkan untuk dinding pembatas dan  estetika tanpa memikul beban yang ada diatasnya.

Pemanfaatan batu bata dalam konstruksi baik non-struktural ataupun struktural perlu  adanya peningkatan produk yang dihasilkan, baik dengan cara meningkatkan kualitas bahan material batu bata sendiri (material dasar lempung yang digunakan) maupun penambahan dengan bahan lain. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mencampur material dasar batu bata dengan menggunakan sekam yang merupakan limbah pengilingan padi. Pemanfaatan sekam dalam pembuatan batu bata dapat memberikan kualitas batu bata yang diproduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar